Jumat, 16 Januari 2015

SHALAT JUM'AT DALAM AL-QUR'AN DAN SUNNAH

Bismillahirahmanir rahim...
Assalamualaikum Wr. Wb....
Hari Jum'at datang lagi....Waktunya Shalat jum'at....
Diwajibkan untuk para muslim laki-laki menunaikan ibadah sholat jum'at. Perintah tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam
Al Qur'an surat Al Jumuah ayat 9 yang berbunyi :
"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al Jumuah : 9)
Seperti juga perintah yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW:
"Shalat Jum’at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjamaah, kecuali empat golongan yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang menderita sakit" (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)
Selanjutnya juga dalam hadits yang diriwayatkan Abul Ja’ad Adh-Dhumasry Ra. Rasulullah SAW bersabda:
"Barangsiapa meninggalkan tiga kali sholat Jum’at karena menganggap enteng (malas) tanpa alasan yang bisa diterima niscaya Allah Swt akan menutup hatinya"...
Dari Thariq bin Syihab radhiyallahu `anhu bahwa Rasulullah Saw bersabda :
"Shalat Jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali atas 4 orang, (yaitu) Budak, Wanita, Anak kecil dan Orang sakit." (HR. Abu Daud)
Kewajiban shalat jumat adalah fardhu a’in, artinya berlaku untuk seluruh kaum mulimin, dengan kriteria sebagai berikut :
Laki-laki, sedangkan wanita tidak diwajibkan untuk shalat jumat namun bila dia mengerjakan, maka kewajiban shalat zuhurnya telah gugur (tidak perlu shalat zhuhur lagi).
Dalam keadaan sehat, sedangkan orang sakit tidak wajib shalat jumat.
Dewasa yaitu baligh, sedang anak-anak tidak wajib shalat jumat.
Muqimin yaitu orang yang menetap bukan musafir atau yang sedang dalam perjalanan.
Mereka bukan hamba sahaya.
Maka dari itu dari kawan muslim yg masih lalai dalam mengerjakan Sholat Jum'at mulailah dari sekarang untuk merubah menjadi lebih rajin dalam beribadah karena ini adalah kewajiban sebagai muslim.
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. Al Jumuah : 10)
Maha Benar Allah dengan Segala Firman-NYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar