Minggu, 18 Januari 2015

Doa Malam Sebelum Tidur

Doa malam ini sebelum istirahat tidur

Ya Allah
Jika diriku telah terbuai oleh kenikmatan dunia, jika diriku telah lalai menginggatMu karena terlalu asyik dengan dunia, jika diriku terlalu banyak membuang waktu untuk hal yang sia-sia dan bila diriku masih mudah terseset dalam lingkungan yang semakin menjauhkan dariMu, hamba mohon ampunanMu ya Rabb

Ya Allah
Ampunilah kesalahan-kesalahanku yang besar maupun yang kecil, yang berat maupun yang ringan, yang sengaja maupun yang tidak dan yang tampak maupun yang tersembunyi terutama dengan semua kehilafan kami selama ini.

Ya Allah
Bimbinglah diriku selalu dan jauhkan aku dari orang yang ingin mencelakakan kami keluarga kami buat lah kami orang yang berguna bermartabat dan beragama agar mampu berjalan sesuai syariatMu. jika diriku telah atau sedang berjalan menjauh dariMu, mohon bimbinglah agar mampu berjalan kembali kepadaMu ya Rabb.

Ya Allah
Ampunilah kesalahan-kesalahan orangtuaku, anak istriku, saudaraku orang orang yang telah mendahulukan kami berada disimu dan para jama'ah yang membaca tulisan ini.

Ya Allah
Kabulkan doa-doa kami, keluarga kami, saudara kami, sahabat kami guru guru dan para jama.ah yang membaca tulisan ini. agar ditinggikan jerajat ditinggikan iman dan ketakwaan nya,
Aamiin.amin,amin yarobbalalamin...

Bacaan dan Doa Sebelum Tidur

Tidur kita malam ini mungkin saja menjadi tidur yang terakhir dalam hidup kita. Jadikan tidur malam ini sebagai nikmat yang Allah berikan. Sesungguhnya seorang muslim memandang tidur sebagai nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya.

Allah Ta’ala berfirman:

Surat Al Qoshos ayat 28:73

yang artinya:
"Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya". (QS. Al-Qoshos 28:73).

Dan Firman Allah Ta’ala lainnya,
yang artinya:
"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat". (QS. An-Naba 78:9).

Dan ada baiknya sebelum kita tidur melakukan beberapa hal baik selain doa sebelum tidur. Semisalnya:

1.) Ber-Wudhu Sebelum Tidur

Sebelum beranjak buat tidur, jangan lupa berwudhu dulu, siapa tahu tidur malam ini, tidur yang terakhir dalam hidup kita. Wudhu selain sebelum menjalankan ibadah sholat, di sunahkan juga ber-wudhu sebelum tidur.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:
"Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah sebagaimana wudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi kananmu." (HR Bukhari dan Muslim)

2.) Shalat Witir Sebelum Tidur

Setelah berwudhu, jangan lupa melaksanakan shalat witir walaupun cuma 1 rakaat.
"Setiap malam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat witir dan selesai pada waktu sahur." (HR Bukhari dan Muslim)

3.) Bacaan atau Amalan Sebelum Tidur
Setelah shalat witir dan sesaat sebelum mengucapkan doa sebelum tidur, ada baiknya membaca beberapa surat dalam al qur'anm seperti:
- Membaca Ayat Kursi
- Membaca Surat Al Ikhlash (qul huwallahu ahad)
- Membaca Surat Al Falaq (qul a’udzu bi robbil falaq), dan
- Membaca Surat An Naas (qul a’udzu bi robbinnaas)
Kesemuanya sebanyak 3x

4.) Do'a Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur

Sebelum Tidur Membaca Doa:

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

"Bismika allahumma ahya wa amuutu". (HR Bukhari) atau "Bismika Allahumma amuutu wa ahyaa"

yang artinya:
"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati."

5.) Do'a Bangun Tidur

Doa Bangun Tidur

Dan jika Allah Ta’ala memberi kita umur panjang, setelah bangun di pagi hari atau diwaktu sahur (bulan Ramadhan), bacalah doa bangun tidur:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nushur" (HR Bukhari)

yang artinya :
"Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit"

atau
"Alhamdullillahilladzi afaaniy fi jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adzina lii bi dzikrihi" (HR Tirmidzi)

# Keterangan Doa Doa para Nabi:

Doa ini berdasarkan hadits nabi yang diambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ- See more at: http://www.ariepinoci.web.id/2013/07/amalan-dan-doa-sebelum-tidur.html#sthash.CpTujTtW.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar