Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, negara
kepulauan yang menghubungkan dari Sabang sampai Merauke. Dari
pulau–pulau tersebutlah menghasilkan banyak sumber daya alam karena di
setiap pulau berbeda akan kekayaan sumber daya alamnya. Namun,
penyebaran penduduk di Indonesia belum merata khususnya di Pulau
Sumatera, Kalimantan, dan Papua, penduduknya tidak sepadat di Jawa.
Program transmigrasi pun banyak dilakukan oleh pihak pemerintah untuk
masyarakatnya, guna untuk pemerataan penduduk.
Hasil atau produk Indonesia pun sebenarnya kaya dan menghasilkan
produk–produk yang berkualitas. Tentu yang seharusnya produk Indonesia
itu menjadi tuan rumahnya di negeri sendiri. Namun, banyaknya monopoli
dunia, produk luar negeri lebih memegang peranan pasar sehingga
menjadikan minat masyarakat cenderung ke produk luar negeri.
Contohnya saja produk kecantikan Indonesia “Bali Ratih” yang tentunya
produk ini sangat bagus untuk kulit Indonesia, serta ramuan–ramuan
tradisional yang bahannya tidak keras dan berbahaya. Namun, produk ini
tidak semenarik seperti “The Body Shop” produk luar negri yang berasal
dari Inggris. Macam–macamnya pun sama, ada parfum, bodymist, sabun, body
butter, lotion dan lulur atau polish. Namun, kebanyakan masyarakat
Indonesia lebih memilih menggunakan The Body Shop karena produknya lebih
mendunia dan terjamin daripada Bali Ratih produk lokal.
Contoh lain produk Indonesia yaitu “Sari Ayu”, “Mustika Ratu” dan
“Viva” adalah produk kecantikan asli Indonesia yang kandungan di
dalamnya tidak berat untuk wajah dan cocok untuk orang yang tinggal di
wilayah tropis. Namun, kenyataannya masyarakat Indonesia banyak yang
menggunakan produk luar seperti Revlon. Hal ini bisa terjadi karena
tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi pada produk luar negeri yang
sudah mendunia dibanding dengan produk lokal, padahal produk lokal juga
tidak kalah hebatnya dengan produk luar negeri.
Indonesia mengalami kendala mengenai produk dalam negeri yang kalah
saing dengan luar negeri yang seharusnya bisa menjadi tuan rumah
Indonesia yaitu kurangnya kesadaran masyarakat tentang pemakaian produk
local karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia lebih banyak
mengkonsumsi atau menggunakan produk luar daripada dalam. Serta gaya
mewah yang terjadi apabila memakai produk luar. Yang terjadi di
Indonesia, apabila memakai produk luar itu berkesan elegan dan mewah
karena harganya yang cenderung lebih tinggi dan kualitas yang dijanjikan
telah bagus dan menyebar di seluruh dunia.
Kendala lain yaitu bahan dasar pembuat produk masih jarang atau
bahannya sedikit. Ini juga bisa menimbulkan masyarakat lebih nyaman
menggunakan produk luar karena produknya lebih banyak di pasaran
daripada produk lokal yang hanya terdapat di gerai–gerai tertentu.
Berbeda dengan produk luar yang beredar atau tersedia di hampir semua
gerai kecantikan.
Penyebab Indonesia harus mengembangkan produk lokal agar memungkinkan
menjadi tuan rumah Indonesia yaitu Indonesia tergerak untuk ikut maju
bersama dengan negara maju lainnya. Seharusnya kita harus sebagai warga
negara Indonesua harus bangkit dan bangga dengan produk lokal yang
berkualitas dan menjadi tuan rumah untuk negerinya sendiri sehingga
mempunyai rasa kecintaan tersendiri bagi Indonesia. Selain itu,
Indonesia juga memerlukan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan
usaha produk lokalnya agar bias menarik minat masyarakat dan kesadaran
cinta tanah air.
Kelebihan yang ditawarkan oleh produk lokal antara lain yaitu harga
lebih terjangkau karena secara otomatis harga produk local lebih murah
dan cocok untuk semua kalangan, baik menengah ke atas maupun menengah ke
bawah. Produknya pun tidak keras di kulit, aman untuk dipakai karena
sesuai dengan iklim tropis. Kosmetik yang dibuat Indonesia ringan dan
baik karena kosmetik yang baik yaitu dampak atau hasilnya tidak secepat
prosesnya, jika hasilnya itu cepat dan instan biasanya produk tersebut
tidak baik karena produk yang baik membutuhkan waktu dan jeda jaraknya
agak lama karena tidak merusak generasi sel–sel kulit.
Keuntungan dari produk negeri bagi masyarakat Indonesia yaitu
menambah kecintaan masyarakat terhadap tanah air Indonesia karena dengan
membeli produk l
okal atau dalam negeri berarti sama saja dengan bangga
memakai produk lokal dan mencintai bangsanya sendiri. Selain itu
Indonesia juga bertambah kaya dengan produknya yang laris di pasaran dan
dapat mensejahterakan pekerja Indonesia.
Oleh karena itu, kita sebagai anak bangsa Indonesia seharusnya mampu
mengembangkan dan mengolah sumber daya alam menjadi lebih berguna untuk
bangsa Indonesia agar kita tidak selamanya dijajah oleh negara lain,
baik secara langsung maupun tidak. Karena pada kenyataannya negara
Indonesia itu kaya akan aneka ragam budaya dan sumber daya yang dapat
menghasilkan produk local yang baik sehingga masyarakat seharusnya bisa
menggunakan yang seharusnya digunakan.
Jadi, produk dalam negeri sangat memungkinkan untuk menjadi tuan
rumah di negerinya sendiri dengan mengadakan penyuluhan-penyuluhan dan
meningkatkan kesadaran masyarakat tentang cinta tanah air.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar